Profil Olivier Giroud Penyerang Tangguh Asal Perancis

Siapa yang tak kenal dengan Giroud? Pemain sepak bola dengan nama panjang Olivier Giroud ini merupakan pemain asal Perancis yang kini membela klub Chelsea. Profil Olivier Giroud selalu menjadi perhatian lantaran dirinya menjadi salah satu penyerang yang sering mencetak gol-gol indah. 

Giroud sempat menjadi perbincangan dunia kala Ia membela negaranya Perancis dan berhasil meraih kemenangan pada pergelaran piala dunia 2018 kala itu. Sebelumnya, Giroud lahir pada tanggal 30 September 1986 di Chambery, Perancis. 

Sejak kecil, Giroud sudah menaruh minat besarnya terhadap sepak bola. Pemain dengan tinggi 192 cm ini telah berhasil membuktikan keganasannya sebagai penyerang bersama klub yang pernah Ia bela sepanjang karir.

Awal Karir Sepak Bola

Minat besarnya terhadap sepak bola Ia buktikan dengan menghabiskan hari-harinya dengan bermain sepak bola. Pada tahun 1994, Ia bergabung dengan klub lokal Olympique Club de Froges selama enam tahun sebelum akhirnya bergabung bersama klub Grenoble. 

Dari sinilah profil Olivier Giroud dimulai dengan penandatanganan kontrak profesionalnya bersama klub junior Grenoble saat usianya menginjak 21 tahun. Saat di tim junior, Giroud rupanya mendapat harapan baru dengan dipromosikannya ke tim cadangan Grenoble pada pagelaran Championnat de France Amateur 2. 

READ  Profil Alisson Becker Penjaga Gawang Pantang Menyerah

Menariknya, meski menjadi cadangan, Ia berhasil mencetak 15 gol dari 15 laga di kompetisi ini.  Melihat hal itu, Giroud mendapat kepercayaan besar dan berhasil dipromosikan ke tim utama Grenoble yang kala itu di manageri oleh Thierry Goudet.

Bersama tim inti Grenoble dirinya kembali dimainkan meskipun menjadi pemain cadangan. Karirnya mulai menemui titik terang kala dirinya dipromosikan secara permanen ke tim senior pada musim 2006-2007. Bersama tim senior, Giroud diberikan nomor punggung 22 dan berhasil mencetak gol perdananya pada 26 Februari 2007 saat melawan Le Havre.

Berlabuh Menuju Montpellier

Sempat dipinjamkan menuju klub tingkat tiga Perancis, Istres FC. Giroud disini bermain sebagai penyerang utama dan berhasil membantu lini depan tim dengan permainan ganasnya. Giroud berhasil mencetak gol perdana untuk Istres kala klubnya melawan Lafal dan berakhir dengan kemenangan 2-1.

READ  Profil Nadeo Argawinata, Mengulik Kisah Perjalanan Karir

Sebelumnya, Giroud memutuskan untuk menandatangani kontrak barunya bersama klub Liga 2, Tours. Meski begitu, diawal musimnya bersama Tours Ia belum bisa bermain lantaran mengalami cedera. Pada 3 September 2008 barulah Ia bermain debut pertamanya bersama Tours. 

Kemenangan besar yang pernah diberikan untuk Tours kala klubnya menang telak 7-1 atas Reunionnais Jeanne d’Arc, kala itu Giroud berhasil mencetak empat gol sensasional. Setelah beberapa kali memberikan kemenangan untuk Tours, pada 1 Juli 2010 Ia secara resmi memutuskan untuk bergabung dengan klub Montpellier HSC. 

Debutnya bersama Montpellier Ia lakoni kala timnya berada di babak kualifikasi ketiga Liga Eropa UEFA. Kontribusinya bersama Montpellier Ia tunjukan dengan memberikan gelar Juara Ligue 1 pada musim 2011-2012.

Mendarat di Arsenal

Menariknya, Arsenal yang kala itu menjadi salah satu klub raksasa Inggris berhasil mendapatkan tanda tangan Giroud pada 26 Juni 2012. Arsenal mengontrak Giroud dengan biaya transfer sebesar 9.6 juta euro. Debutnya bersama Arsenal Ia tunjukan dengan memberikan satu gol atas kemenangan 6-1 kontra Coventry City. \

READ  Profil Kaka, Pemain Kebanggaan Brasil Yang Menjadi Incaran Klub-klub Eropa

Bersama Arsenal, Giroud telah memberikan 3 kali juara Piala FA dan 2 kali FA Community Shield untuk klubnya. Tercatat, Giroud membela Arsenal cukup lama mulai dari musim 2012 hingga 2018. Bahkan, untuk pertama kalinya Ia masuk dalam skuad Timnas Prancis saat masih membela Arsenal. 

Namun, Giroud memutuskan untuk hengkang dari klub yang telah membesarkan namanya. Keputusannya untuk hengkang pun sempat menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, Ia menginginkan untuk hengkang menuju klub rival Chelsea.

Benar saja, pada musim 2017-2018 Ia memutuskan untuk hengkang dari Arsenal menuju klub rival Chelsea. Musim 2018 menjadi musim yang spesial baginya. Giroud berhasil meraih gelar Piala FA untuk Chelsea dan memenangkan gelar Piala Dunia untuk Timnas Prancis pada tahun 2018 lalu. 

Demikian informasi seputar profil Olivier Giroud yang sangat menarik untuk dibahas. Giroud membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang paling berbahaya di dunia dengan gol fantastis sepanjang karir sepak bolanya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Recommended For You

About the Author: Kaka