Profil Andrea Pirlo, Si Playmaker Handal

Andrea Pirlo adalah mantan pesepakbola handal asal Italia yang kini resmi menjabat sebagai pelatih Juventus. Sepanjang karir sepakbolanya, Pirlo dikenal sebagai seorang playmaker yang handal. Penasaran seperti apa profil Andrea Pirlo. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kehidupan Pribadi dan Profil Singkat

Andrea Pirlo lahir di di kota Flero Italia pada 19 Mei 1979. Pirlo lahir dari keluarga yang cukup berada dimana ayahnya Luigi Pirlo merupakan seorang pebisnis handal yang memiliki pabrik produksi logam. Meskipun hidup dalam kemewahan, Pirlo bukanlah seorang yang menggembar-gemborkan kekayaannya. Semua anggota keluarga Pirlo termasuk ibunya Livia Gatta tak pernah menampik pertanyaan wartawan tentang kehidupan pribadi mereka.

Setelah dewasa, Pirlo memutuskan untuk menikah dengan gadis pujaannya yaitu, Deborah Roversi tepatnya di tahun 2001 di kota Flero. Dari pernikahannya Pirlo dikaruniai dua orang anak masing masing putra dan putri yaitu Niccolo dan Angela. Setelah 13 tahun menikah Pirlo dan Deborah memutuskan untuk bercerai setelah isu perselingkuhan yang menerpa. Pirlo kembali menikah dengan wanita bernama Valentina Baldini dan bahagia hingga sekarang.

READ  Profil Kepa Arrizabalaga Dari Perjalanan Karir Hingga Kepribadiannya

Perjalanan Sepak Bola

Kemampuan sepak bola Pirlo terlihat sejak masih usia belia. Pirlo sering bermain sepakbola di tepi pantai bersama Ivan kakaknya ketika sedang liburan keluarga. Pirlo memulai karirnya dengan bergabung di klub sepakbola kota Brescia sebagai seorang gelandang serang. Di usia 16 tahun, Pirlo memulai debutnya bersama Brescia di Serie A dan bergabung dalam pertandingan melawan Reggina. Ini tentu hal yang sangat membanggakan melihat profil Andrea Pirlo yang masih sangat muda.

Setelah penampilannya bersama Brescia, pelatih Inter Milan mulai tertarik dengan kemampuan Pirlo dan memutuskan untuk membawanya ke Inter Milan. Namun disana ternyata Pirlo tak mampu menampilkan permainan yang baik hingga akhirnya Inter meminjamkannya ke Regina selama satu tahun. Setelah habis masanya, Pirlo kembali ke klub asalnya yaitu Brescia dan disana dia menunjukkan performa yang baik dan berhasil membawa Brescia ke posisi 7 Serie A.

READ  Profil Olivier Giroud Penyerang Tangguh Asal Perancis

Tak butuh waktu lama, akhirnya Pirlo pindah ke AC Milan dengan nilai transfer 17 juta euro. Dibawah asuhan Carlo Ancelotti, Pirlo menjelma menjadi pesepakbola handal yang dikenal dengan teknik-teknik playmaker hebatnya. 10 musim yang dihabiskan dengan jersey merah hitam membawa namanya melambung tinggi. Pirlo berhasil mempersembahkan 2 trofi Serie A, 2 trofi Liga Champions, 2 gelar Piala Super Eropa, satu trofi Copa Italia, dan satu trofi Piala Dunia Antar Klub

Setelah hengkang dari AC Milan, Pirlo dikontrak oleh Juventus dengan bebas transfer. Di Juventus kemampuannya juga masih belum menurun. Ini dibuktikan dengan kemampuannya sebagai seorang ‘arsitek’ dalam setiap permainan Juventus. Pirlo berhasil menyumbangkan trofi Serie A 2011-2012 dan bertahan disana hingga 2016. Pirlo masih sempat bergabung dengan New York City sebelum akhirnya memutuskan pensiun di tahun 2017 akibat masalah kesehatan.

READ  Profil Nadeo Argawinata, Mengulik Kisah Perjalanan Karir

Memutuskan Pensiun

Sepanjang karir sepakbolanya, Pirlo dikenal sebagai salah satu playmaker terbaik di dunia. Meskipun tidak memiliki bakat di fisik ataupun stamina, Pirlo dinilai terampil dan memiliki ketenangan berpikir yang tinggi. Pirlo juga telah menerima banyak penghargaan bergengsi karena kemampuannya. Meski sudah memutuskan untuk menggantung sepatunya, Pirlo masih aktif menjalani karirnya sebagai seorang pelatih.

Nah, itulah tadi sedikit kisah dan profil Andrea Pirlo dan bagaimana perjalanannya di dunia sepak bola. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan menjadi inspirasi bagi semua.

Recommended For You

About the Author: Kaka