Profil Alisson Becker Penjaga Gawang Pantang Menyerah

Alisson Becker adalah seorang penjaga gawang yang kini bermain di klub liga Inggris yakni Liverpool FC. Ia merupakan penjaga gawang yang memiliki ciri khas tersendiri. Bagaimana kalau lihat langsung profil Alisson Becker di bawah ini?

Tentang Alisson Becker

Lahir di kota Novo Hamburgo, 2 Oktober 1992 yang kini berusia 28 tahun. Usia 28 tahun cenderung terbilang muda untuk posisi penjaga gawang namun soal ketangkasan kiper ini sudah sangatlah piawai mengawal mistar gawang klub Liverpool FC dan juga Timnas Brazil.  

Dalam profil Alisson Becker ini, ia mengawali karir di klub junior Internacional yang merupakan klub asal Brazil pada tahun 2008 – 2012 atau antara usia 16 – usia 20 tahun. Di klub Junior Alisson sempat minder dengan penjaga gawang lain dan pesimis akan memiliki karir yang sesuai harapan.  

Perasan itu muncul karena diusia mudanya ini Alisson memiliki postur yang rendah sebagai ukuran penjaga gawang. Ia bahkan sempat ingin berhenti untuk menjadi seorang penjaga gawang meski ayah dan ibunya juga mantan penjaga gawang saat bermain di klub amatir.  

READ  Profil Carles Puyol Sang Pemain Bertahan Andalan Spanyol

Namun usaha dan kerja keras Alisson fokus terhadap peningkatan skill dan berharap pelatih melihatnya secara skill yang dimilikinya. Sambil terus berdoa akhirnya tuhan menjawab doa Alisson dalam satu tahun. Tinggi Alisson mengalami peningkatan yang pesat yakni dari 170cm menjadi 187cm disitulah Alisson mulai dilirik untuk masuk klub senior. 

Karir Mulai Merangkak Naik

Di usia 20 akhirnya Alisson sudah promosi ke klub Senior Internacional dan menjadi kiper cadangan ke 4 klub tersebut. Ia bersaing dengan 3 penjaga gawang lain yakni Muriel, Renan, dan Agneror yang usianya sama-sama muda semuanya.

Ketiga kiper itu sama-sama menjalani 6 laga sebagai starting line up.  Di tahun ke 2 Alisson kedatangan saingan berat yakni Dida yang merupakan kiper senior penuh dengan gelar dan pengalaman. Namun dari Dida juga Alisson banyak belajar skill dan pengalaman. Ditahun ke 2 ini juga Alisson tampil sebanyak 11 kali. 

READ  Profil Kepa Arrizabalaga Dari Perjalanan Karir Hingga Kepribadiannya

Akhirnya di tahun ketiga lah Alisson menjadi kiper utama Internacional untuk berlaga di Serie A Brazil dengan mencatatkan 26 penampilan. Pada awal musim tahun ke empatnya yakni tahun 2016 Alisson baru mencatatkan 1 penampilan. 

Mimpi Jadi Nyata

Lalu mimpi Alisson untuk bermain di benua biru terwujud. AS Roma yang merupakan klub besar asal Italia membelinya dengan harga 7 juta euro sebagai pelapis Szczesny. Tahun 2013 – 2016 Alisson Becker menjalani 4 musim di klub pertamanya yakni Internacional dan menjalani 44 laga selama 4 musim tersebut.  

Tahun pertama di As Roma memang Alisson dibeli untuk pemain cadangan. Namun Spalletti yang saat itu menjadi pelatih mengatakan bahwa masih ada kesempatan bagi Alisson untuk menunjukkan kemampuannya. Benar saja di tengah musim yakni saat Copa Italia berjalan, akhirnya Alisson mendapatkan kesempatan dan menunjukkan kualitasnya.  

Tidak butuh waktu lama akhirnya malah Alisson menjadi pilihan Spalletti untuk menjaga gawang As Roma dan menggeser posisi Szczesny. Di As Roma Alisson menjalani 37 laga dan kebobolan sebanyak 28 gol. Tetapi, ia melakukan sebanyak 109 kali atau 2,9 kali penyelamatan per laga.  

READ  Profil Olivier Giroud Penyerang Tangguh Asal Perancis

Satu tahun di As Roma dengan musim yang gemilang sudah cukup bagi Alisson untuk menarik minat raksasa sepak bola yakni Liverpool FC. Tidak main-main Liverpool sampai membelinya dengan harga 62,5 juta euro menjadikannya sebagai kiper termahal ke 2 didunia.

Kiper termahal nomor 1 saat ini dipegang Kepa yang dibeli oleh Chelsea.  Gelar liga Champions merupakan pembuktian Alisson sebagai penjaga gawang terbaik dunia bersaing dengan Neuer dan Oblak. Dimusim ke 2 Allison memberikan gelar Liga Inggris untuk Liverpool yang telah menunggu gelar tersebut selama 30 tahun.  Pembelian Alisson dengan harga yang mahal tersebut mampu dijawab lunas dengan prestasi demi prestasi untuk Liverpool. Profil Alisson Becker ini mengajarkan semua bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Asalkan bekerja keras dan sungguh-sungguh, hasilnya akan sesuai dengan prosesnya.

Recommended For You

About the Author: Kaka