5 Pemain Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa yang Layak Menjadi Legenda

Gelandang bertahan merupakan posisi paling vital dalam permainan sepak bola. Sebab, mereka berperan sebagai pengatur serangan sekaligus menjadi penghadang pertama serbuan tim lawan. Alasan tersebut yang menjadi penyemangat kalau pemain gelandang bertahan terbaik sepanjang masa harus dijelaskan kepada penggemar bola.

Terdapat beberapa midfielder handal yang layak dijadikan legenda. Hal ini disebabkan oleh kontribusi-nya yang besar serta gaya permainannya ketika menguasai lini tengah. Ini dia pemain gelandang “palang pintu” yang dimaksud:

1. Claude Makelele        

Gelandang bertahan terbaik sepanjang masa yang pertama adalah Claude Makelele. Ini adalah midfielder yang tidak hanya memiliki penampilan taktis tetapi juga bermain dengan penuh karisma. Salah satu keunggulannya ialah bisa mengambil bola dari kaki pemain lawan tanpa harus menjatuhkannya.

Claude Makelele adalah eks pemain Real Madrid dan Chelsea. Gelandang bertahan keling ini juga menjadi pemain penting di Tim Nasional Prancis bersama Didier Deschamps dan Bixente Lizarazu. Sayangnya pemain ini sudah pensiun karena usianya tidak lagi  memungkinkan untuk tetap berlaga di lapangan hijau.

READ  Nama Pemain Bola Belanda Yang Bermain Hebat Dalam Team Unggulan Dunia

2. Fernando Redondo

Mungkin penikmat bola tidak begitu populer dengan pemain asal Argentina ini. Namanya adalah Fernando Redondo yang pernah menjadi punggawa Los Galacticos di musim 2000an. Redondo merupakan palang pintu terkuat di Real Madrid dengan mengandalkan postur dan daya jelajah yang bagus.

Keberadaan Fernando Redondo di lini tengah Real Madrid membuat posisi ini sulit ditembus lawan. Fernando Hierro dan Roberto Carlos pun lebih tenang menjaga kedalaman, sedangkan Zinedine Zidane dan Edgar Davids lebih leluasa bergerak dari lini tengah. Tak hanya itu, Redondo juga sering memberi umpan terobosan matang ke Fernando Morientes dan Raul Gonzales di lini depan.

3. Eri Eriyanto

Gelandang bertahan terbaik sepanjang masa yang ketiga datang dari Indonesia. Namanya adalah Eri Eriyanto yang pernah menjadi maestro Persebaya Surabaya dan Tim Nasional Garuda. Sayangnya pemain ini mengalami tragedi di lapangan ketika The Green Force bertandang ke Yogyakarta. Benturan keras yang dialaminya harus berujung pada kematian setelah dirawat 4 hari di rumah sakit. 

READ  Inilah Beberapa Legendaris Sepak Bola Indonesia yang Menginspirasi!

Eri adalah gelandang palang pintu yang unik. Pasalnya pemain dengan tendangan gledek ini tidak memiliki tipikal permainan energik seperti Hariyanto atau Syamsul Bachri Chaerudin. Sekalipun demikian dia bisa memutus serangan lawan dengan cantik, bersih dan nyaris tanpa body charge yang ekstrim.

4. Roy Keane

Roy Keane merupakan gelandang bertahan cekatan yang bermain bersama Manchester United. Si plontos ini termasuk ke dalam The Magnificent Seven era 2000 bersama David Beckham, Ryan Giggs dan Neville bersaudara. Kelebihan Keane adalah kemampuannya melakukan clean sheet dari lini tengah dan kepintarannya membaca pergerakan lawan.

Sayang Roy Keane memiliki tackling dan sliding yang keras bahkan terlihat kasar. Maka dari itu, dia sering mendapatkan teguran dari wasit serta beberapa kali memicu keributan antar pemain. Lepas dari itu semua, kontribusi Keane bagi klub sangat besar termasuk memberikan banyak gelar Liga Inggris.

READ  Tangguhnya Pemain Belakang Timnas Indonesia Ini Membuat Ketakutan Lawan

5. Edgar Davids

Edgar Davids adalah gelandang bertahan paling ulet dengan gaya permainan yang luar biasa. Jangan harap gelandang serang lawan bisa bermanuver di depan Davids atau dia akan dikejar dan di-press dengan ketat. Dengan keberadaan Davids, lini tengah Juventus di era 2000an menjadi yang terkuat di dunia apalagi di sana juga bercokol pemain sekelas Zinedine Zidane, Pavel Nedved dan Juan Sebastian Veron.

Pemain Tim Nasional Belanda ini juga berpenampilan unik. Selain berambut gimbal dia juga menggunakan kacamata sebagai pelindung dari bola. Maka dari itu, wajahnya sangat mudah dikenali oleh penggemar.

Nah, sekarang sudah tahu siapa saja pemain gelandang bertahan terbaik sepanjang masa. Untuk menonton gaya permainannya silakan lihat di You Tube. Pasti penggemar juga mengamini kalau pemain di atas memang layak disebut legenda.

Recommended For You

About the Author: Kaka