Tangguhnya Pemain Belakang Timnas Indonesia Ini Membuat Ketakutan Lawan

Seorang pemain belakang memiliki peran penting dalam tim sepak bola. Kehadirannya memberikan perlawanan kuat agar gawang  tak mampu ditembus oleh musuh. Bek handal tersemat pada nama – nama di bawah ini. Yang mana berhasil menjadi pemain belakang timnas Indonesia yang diakui kehebatan dan ketangguhannya. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut :

1. Sugiantoro

Nama Sugiantoro menjadi salah satu  pemain belakang timnas Indonesia yang juga berperan penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Perannya sebagai defender mampu meminimalisir pergerakan lawan yang mendekati gawang. Sugiantoro pemain seangkatan dengan pemain besar lain seperti Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto dan Anang Ma’ruf.

Yang mana semuanya sama – sama menjalani program PSSI Primavera pada tahun 1993 – 1994 di Italia. Tak hanya itu, dirinya juga memiliki peran penting dalam membawa tim Garuda memenangkan medali perak di SEA Games pada 1997 dan perunggu di SEA Games 1999.

READ  Mari Kupas Tuntas Pemain Sepak Bola Asal Argentina, Siapa Saja?

2. Hamka Hamzah

Nama Hamka Hamzah tidak terdengar asing di telinga pecinta bola. Pemain kelahiran Makassar 29 Januari 1984 ini merupakan mantan pemain klub Persija dan Mitra Kukar. Namanya berhasil menjadi bek handal yang pernah membela timnas Indonesia.

Selama perjalanan karirnya Hamka Hamzah juga pernah membela beberapa klub besar lain nya. Seperti diantaranya Persik Kediri, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Persipura Jayapura hingga Pusamania Borneo FC. Performa permainan yang ditunjukan saat menjadi pemain belakang memang tak bisa dianggap remeh.

3. Charis Yulianto

Charis Yulianto adalah seorang pemain bek yang tak kenal kompromi saat membela timnas. Kemampuanya saat membela timnas Indonesia mendapatkan banyak pujian. Hal ini karena memang kehebatan skill yang dimiliki seorang Charis Yulianto.

Sebelum bermain membela timnas, pemuda kelahiran Blitar, 11 Juli 1978 ini juga pernah bermain di beberapa klub lokal seperti diantaranya. PSM Makassar, Persija Jakarta, Arema Malang, Sriwijaya FC, Persib Bandung dan Persela Lamongan. Dirinya telah melakoni 36 pertandingan selama di timnas dan berhasil menyumbangkan 2 gol.

READ  5 Pemain Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa yang Layak Menjadi Legenda

4. Hansamu Yama Pranata

Bek terbaik juga tersemat pada nama Hansamu Yama Pranata. Beberapa tahun terakhir ini nama ini cukup banyak menjadi perbincangan. Meski masih berusia muda, namun Hansamu berhasil membuktikan kelihaiannya dalam menjaga pertahanan lini belakang Garuda.

Performa yang ditunjukkan memang tak bisa dianggap enteng, terbukti kemampuannya terus meningkat hingga berhasil menjuarai piala AFF tahun 2013 dengan timnas Garuda U19. Tak hanya itu, pemuda kelahiran Mojokerto 19 Januari 1995 ini juga terpilih sebagai kapten utama timnas U-22 di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

5. Fachruddin Aryanto

Nama lain yang juga bermain bagus dalam setiap laga, dan bermain epic sebagai bek terbaik adalah Fachruddin Aryanto. Selama satu decade nama ini memberikan penampilan terbaik bersama timnas Indonesia di AFF tahun 2012.

READ  Daftar Pemain Bola Korea Selatan yang Meluluhkan Hati

Tak sampai disitu, setelah beberapa laga penting berhasil dilalui dengan baik, nama pemuda kelahiran Klaten, 19 Februari 1989 ini juga meneruskan karirnya dan mendapatkan kepercayaan dari pelatih timnas saat itu yakni Alfred Riedl. Hingga dipercaya untuk bermain di AFF tahun 2014. Meski begitu, sang pelatih tak memberinya kesempatan saat bertanding dengan Vietnam kala itu.

Bek menjadi salah satu ujung tombak dalam permainan sepak bola. Kemampuan individu yang mumpuni memberikan nilai plus untuk menjadikan team yang dibelanya menjadi juara dalam pertandingan. Sebagai pemain belakang timnas Indonesia, ada beban besar yang harus dipikul. Kemajuan pesepak bola Indonesia menjadi salah satu beban yang harus diselesaikan. Semoga Indonesia bisa meraih laga tertinggi yang diadakan di semesta ini.

Recommended For You

About the Author: Kaka