Daftar Nama Klub Sepakbola Luar Negeri Yang Diperkuat Pemain Timnas Indonesia

Pemain timnas Indonesia bukan hanya bermain di klub-klub local saja. Namun ada juga beberapa pemain  yang bermain di klub luar negeri. Contohnya Egy Maulana Viqri dan dan Ryuji Utomo. Nah, berikut daftar nama klub sepakbola luar negeri yang diperkuat pemain timnas Indonesia. Diantaranya :

1. Lechia Gdańsk

Lechia Gdansk merupakan klub asal Polandia. Klub ini bermain di divisi utama Ekstraklasa. Dan didirikan pertama kali pada tahun 1945. Ciri khas dari klub ini yaitu seragamnya yang berwarna putih hijau, layaknya seragam timnas Indonesia selain merah.

Lechia Gdansk menjadi dikenal di kalangan pecinta sepakbola tanah air, setelah klub ini memboyong Egy Maulana Vikry sebagai pemain klub tersebut. Lechia Gdansk membeli pemain muda tersebut dengan total 50 juta euro, atau setara 805 juta rupiah. Egy dikontrak selama 3 tahun, terhitung dari tahun 2018 lalu.

2. Lampang FC

Lampang FC merupakan klub asal Thailand yang kini diperkuat pemain timnas Todd Rivaldo Ferre. Klub ini berlokasi di Provinsi Lampang, dan bermain di divisi 2 Thailand. Meskipun hanya berada di divisi 2, namun klub yang juga dijuluki kereta Zamrud ini tak bisa dianggap sebelah mata.

READ  6 Pemain Persib Yang Baru, Yang Akan Berlaga Di Tahun 2021

Buktinya, selama 10 tahun setelah didirikan, klub ini juga banyak merekrut pemain-pemain muda dan profesional. Contohnya Todd Rivaldo Ferre, yang merupakan pemain muda asal Jayapura ini sukses memperkuat klub ini dimulai dari akhir tahun ini hingga bulan Maret 2021, dengan status pinjaman.

3. PT Prachuap FC

PT Prachuap FC masuk ke dalam daftar nama klub sepakbola luar negeri yang diperkuat pemain timnas Indonesia. Setelah klub yang berlogo lebah ini sukses merekrut pemain timnas Indonesia. Yaitu Rudolf  Yanto Basna, yang sebelumnya memperkuat klub Thailand yang lain, Sukhotai FC.

Sebagai informasi, PT Prachuap FC merupakan salah satu klub Thailand yang baru didirikan pada tahun 2009 lalu. Meskipun begitu, klub ini menjadi salah satu klub yang menjadi juara di ajang piala liga Thailand di musim yang lalu. Bukan hanya itu saja, klub PT Prachuap FC ini juga disebut sebagai killer wasp, karena performanya yang dianggap mematikan bagi lawan mainnya.

READ  Daftar Pemain Bali United Terbaru Berdasarkan Posisi Yang Dimainkan

4. Penang FA

Penang FA merupakan klub asal Malaysia, yang juga masuk ke dalam nama klub sepakbola luar negeri yang diperkuat pemain timnas Indonesia. Ryuzi Utomo adalah salah satunya. Klub Persija melepasnya ke klub Penang FA dengan status pinjaman selama 1 musim.

Penang FA sendiri  merupakan salah satu klub Malaysia yang didirikan pada tahun 1920. Saat ini klub tersebut menjadi klub sepakbola Malaysia yang berlaga di divisi 2 dalam Malaysia Premier League. Stadion tempat klub ini bermarkas berada di Penang City Stadium di George Town, serta Negeri Pulau Pinang Stadium, yang berlokasi di Batu Kawan.

5. Johor Darul Takzim ( JDT )

Johor Darul Takzim merupakan klub Malaysia lainnya yang berhasil merekrut pemain timnas Indonesia. Syahrian Abimanyu adalah salah satu diantaranya. Klub yang termasuk kedalam kontestan Malaysia Premier League tersebut mengontrak Abimanyu untuk waktu 2 tahun, dengan perpanjangan hingga 1 tahun.

Johor Darul Takzim sendiri merupakan klub Malaysia yang tak jarang melakukan perekrutan pemain-pemain luar Malaysia. Selain Abimanyu, kabarnya pemain-pemain top lainnya seperti Daniel Guiza dan Pablo Aimar telah lebih dahulu menjadi incaran klub yang berlokasi di Johor, Malaysia tersebut.

READ  6 Pemain Persib Yang Baru, Yang Akan Berlaga Di Tahun 2021

6. FK Radnik Surdullica

Yang masuk kedalam daftar nama klub sepakbola luar negeri yang diperkuat pemain timnas Indonesia yang terakhir yaitu FK Radnik Surdulica. FK Radnik Surdulica menjadi klub luar negeri yang sering disebut-sebut media sepakbola tanah air, setelah klub tersebut memboyong pemain timnas Indonesia, Witan Sulaeman.

Meski akhirnya, Witan jarang dimainkan dalam laga-laga sepakbola di Serbia. Namun klub yang bermarkas di Surdulica, Serbia ini telah menjadi batu loncatan bagi pemain-pemain muda tanah air, contohnya seperti Witan Sulaeman ini.

Itu beberapa nama klub sepakbola luar negeri yang diperkuat pemain timnas Indonesia. Bukan hanya klub-klub lokal saja, ternyata klub-klub luar negeri seperti yang telah disebutkan tadi banyak yang mengincar pemain-pemain muda berbakat Indonesia. Selain sebagai batu loncatan dalam karir sepak bola, namun juga sebagai ajang latihan bagi para pemain timnas Indonesia.

Recommended For You

About the Author: Kaka